Cara Merubah PDF ke Powerpoint dengan WPS Office di Laptop

WPS Office bisa dikatakan sebagai saingan terberat dari Microsoft Office di Indonesia. Banyak orang yang beralih menggunakan software pengolah kata satu ini. Salah satu alasannya adalah WPS Office menyediakan fitur konversi yang sangat mudah. Seperti konversi untuk merubah PDF ke Powerpoint yang tidak bisa ditemukan di Microsoft Office maupun software lainnya.

Fitur ini akan membantu penggunanya membuat PPT dengan cepat. Karena itulah bagi yang belum mengetahui fitur WPS Office satu ini wajib untuk menyimak uraian di bawah. Lantaran di sini telah dihadirkan tahapan untuk mengubah dokumen PDF menjadi format Powerpoint secara sederhana, sebagai berikut:

1. Download dan Install WPS Office di Perangkat Komputer

Biasanya perangkat komputer dan laptop tidak memiliki WPS Office. Karena kebanyakan laptop bekerja sama dengan Microsoft sehingga yang ada adalah software Microsoft. Sehingga pengguna perlu mendownload WPS Office terlebih dahulu jika belum punya.

Banyak situs resmi yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber download bagi pengguna. Namun baiknya, tetap penting untuk selalu berhati-hati dalam menentukan sumber download. Tujuannya, agar pengguna terhindar dari situs palsu yang terkadang menyediakan file rusak, yang malah berisikan virus berbahaya jika terdownload ke dalam perangkat.

2. Buka File PDF yang Ingin Dikonversi

Jika WPS Office sudah didownload dan diinstall, selanjutnya pengguna bisa beralih ke menu file manager dan membuka dokumen. Cari dokumen dengan format PDF yang ingin dikonversikan ke PPT. Jika sudah ketemu, buka dokumen itu menggunakan fitur PDF Reader yang dimiliki oleh WPS Office.

Caranya pengguna bisa mengklik kiri setelah mengarahkan kursor ke arah file. Kemudian pilih ‘Open With’ dan pilih WPS Office sebagai sarana untuk membuka file PDF. Maka tinggal menunggu beberapa saat, dan aplikasi akan menyiapkan dokumen tersebut.

3. Buka Menu Tools

Cara merubah PDF ke Powerpoint selanjutnya adalah membuka menu tools yang ada di PDF Reader WPS Office. Menu Tools ini biasanya ada di bagian atas menu bar yang ada di PDF Reader. Pada Menu Tools akan ada berbagai fitur konversi PDF. Seperti konversi PDF ke format word, ke format Excel, bahkan ke format gambar. Pilih konversi PDF ke format PPT, biasanya pilihan itu ada di pilihan ketiga.

4. Pilih Kembali File yang Ingin Dikonversi

Pilihan konversi ke PDF akan membuka jendela baru, pengguna akan diminta untuk memilih file PDF yang ingin dikonversi kembali. Klik Select File kemudian arahkan ke folder file PDF yang tadi. Kemudian pilih file yang ingin dikonversi.

Cara lain untuk memasukkan file yang ingin dikonversi ini adalah mendrag file. Caranya dengan membuka menu File Manager kemudian menyeret file PDF yang ingin dikonversi. Kemudian meletakkannya ke jendela konversi yang dibuka sebelumnya.

5. Convert File dan Tunggu Sampai Proses Selesai

Setelah file dimasukkan, akan muncul kotak dialog untuk mengatur PDF yang ingin pengguna konversi sekaligus konfirmasi. Setelah pengguna memastikan semua format sudah sesuai, tekan convert yang ada di bagian bawah kotak dialog.

Proses konversi akan dimulai, pengguna tinggal menunggu sampai prosesnya selesai. File PDF yang sudah berubah menjadi versi PPT tidak perlu didownload ulang lagi. Karena filenya akan masuk secara otomatis ke folder Document. Pengguna tinggal mengganti nama filenya agar lebih sesuai dan mudah dicari nantinya.

Itulah cara merubah PDF ke Powerpoint dengan memanfaatkan WPS Office di perangkat komputer atau laptop. Selain konversi ke PDF, WPS Office juga memiliki banyak fungsi konversi dan fungsi pengolahan kata dan angka yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Posting Komentar untuk "Cara Merubah PDF ke Powerpoint dengan WPS Office di Laptop"