Cara Melihat History Google Meet Melalui Menu Log Audit

Aktivitas video conference memakai bantuan aplikasi seperti Google Meet kerap dilakukan banyak orang untuk berbagai kepentingan, mulai sekolah hingga urusan pekerjaan. Kadangkala video conference tersebut memuat informasi yang sangat penting sehingga pengguna ingin melihatnya kembali. Tentunya ini sangat mudah dilakukan dengan cara melihat history Google Meet pada pengaturan yang disediakan oleh aplikasi.

Penasaran dan ingin tahu lebih jelas mengenai bagaimana cara melihat history yang ada pada aplikasi Google Meet tersebut? Sebaiknya, sisihkan sedikit waktu untuk mempelajari uraian di bawah ini dengan seksama! Pasalnya, semua jawaban tentangnya akan diuraikan secara gamblang di sini, sebagai berikut:

1. Pastikan Waktu Pelacakan

Hal pertama yang perlu dipahami untuk melihat history, adalah memastikan waktunya. Jika aktivitas yang ingin dilacak masih baru atau real time, ada kemungkinan Google Meet belum menyediakannya. Hal tersebut karena sistem membutuhkan waktu untuk merekap laporan Log Audit untuk administrator. Masa tunggu hingga laporan tersebut siap umumnya memakan waktu satu hingga tiga hari. jadi, pastikan untuk melacak aktivitas yang telah melampaui masa tersebut.

2. Masuk sebagai Admin dalam Google Meet

Lalu, untuk melacak riwayat aktivitas, pengguna diharuskan masuk terlebih dulu sebagai administrator. Setelah masuk pada akun Google Admin, silakan login memakai akun yang digunakan tetapi via akun administrator. Jika sudah masuk sebagai admin, pengguna akan masuk pada suatu laman di mana terdapat berbagai menu di dalamnya. Di halaman konsol admin tersebut, klik menu “Laporan”.

Pada menu laporan, temukan suatu bagian dengan tulisan “Log Audit” lalu tekan pada “Google Meet”. Menu Log Audit tadi adalah tempat tersimpannya seluruh data dari aktivitas rapat yang dilakukan sebelumnya. Tekan pada “Kelola Kolom” untuk menyesuaikan mana yang akan dilacak. Pilihlah pada kolom yang akan dilihat dan tekan “Simpan” jika pengaturan sudah sesuai.

3. Ketahui Informasi Peserta yang Mengikuti Aktivitas

Setelah data tadi tersimpan, sistem akan memunculkan halaman lain dari informasi yang dicari pengguna. Untuk mengetahui cara melihat history Google Meet, lihatlah pada bagian dengan tulisan “ID Peserta”. Kolom tersebut akan menampilikan informasi dari orang-orang yang terlibat dalam aktivitas atau rapat yang dicari pengguna.

Google Meet akan menampilkan mulai dari alamat email, nomor telepon, nama akun yang digunakan, wilayah dan asal negara hingga alamat surel dari pihak penyelenggara. Terdapat informasi yang disajikan secara jelas dan gamblang namun ada pula informasi yang dikaburkan menggunakan simbol bintang. Hal ini bergantung pada pengaturan yang dilakukan peserta rapat tersebut.

4. Lihat Aktivitas yang Dilakukan

Setelah informasi peserta didapatkan, pengguna bisa melacak peristiwa yang terjadi selama aktivitas virtual tersebut berlangsung. Untuk mendapatkan fitur ini, tambahkan filter “Nama Aktivitas”. Sistem akan memberikan beberapa keterangan yang diperlukan. Ada menu yang menunjukkan informasi dari jumlah suara hingga aduan penyalahgunaan yang dilayangkan peserta. Administrator dapat mengetahui informasi akun yang dilaporkan berupa surel atau nomornya.

5.Telusuri Data yang Lain

Setelah melalui tahap pencarian di atas, ada kalanya data yang didapatkan belum menjawab semua pertanyaan administrator. Apabila mengalami hal tersebut, pengguna dapat mengakses informasi lainnya dari menu yang disediakan oleh Google Meet. Ada menu yang digunakan untuk melacak waktu hingga biaya panggilan. Ada pula menu Google Workspace Admin untuk meninjau kembali aktivitas yang terjadi.

Demikian cara melihat history Google Meet yang bisa dilakukan oleh administrator. Dengan layanan yang diberikan Google ini, seorang admin dapat dengan mudah mengetahui beragam peristiwa yang terjadi ketika pertemuan atau rapat pada Google Meet berlangsung. Tentunya hal tersebut tidak bisa dilakukan secara real time dan mesti menunggu hingga laporan siap.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Posting Komentar untuk "Cara Melihat History Google Meet Melalui Menu Log Audit"