Cara Mengirim File dengan Google Drive, Banyak File Dalam Satu Kali Kirim

cara mengirim file dengan google drive

Sekarang ini pengguna Google tidak perlu repot-repot untuk memberikan banyak lampiran di email jika ingin mengirimkan banyak file. Ada cara mengirim file dengan Google Drive hanya dengan satu link saja.  Pengguna bisa memanfaatkan fitur share yang ada Google Drive ini untuk mengirim banyak file sekaligus.  

Melalui satu link itu banyak file yang bisa dikirim dan diakses secara sekaligus. Walaupun fitur ini akan sangat memudahkan pekerjaan apalagi dalam pengiriman soft file. Namun masih banyak pengguna yang belum memahami benar caranya. Berikut ini adalah tahapan mengirim file dengan Google Drive.

1. Buka Akun Google Drive

Tahap pertama, tentu saja pengguna harus membuka akun Google Drivenya terlebih dahulu. Layanan Google Drive bisa diakses jika memiliki email dari Google yaitu Gmail. Pada perangkat seperti komputer dan laptop. Google Drive bisa diakses melalui browser pada alamat Google Drive.

Sedangkan jika pengguna menggunakan smartphone terutama dengan sistem operasi basis Android. Google Drive biasanya sudah menjadi aplikasi bawaannya. Jadi pengguna tinggal mengakses Google Drive melalui aplikasi yang sudah terpasang.

2. Buat Folder Baru Pada Google Drive

Cara mengirim file dengan Google Drive selanjutnya adalah membuat folder baru pada Google Drive. Membuat folder baru ini sangat penting, karena nantinya pengguna akan memberi akses pada pengguna lain pada folder yang ada di akun Google Drive.

Fungsi dari pembuatan folder baru yang dikhususkan untuk membagikan file ini adalah untuk membatasi akses dari pengguna lain. Jadi pengguna lain yang sudah diberikan akses tidak bisa mengakses file lain yang ada di Google Drive pengguna. Selain folder yang sudah dikhususkan untuk membagikan file.

Cara membuat file baru di Google Drive sangat mudah, tinggal klik ‘Buat’ kemudian pilih folder. Tentukan nama folder sesuai dengan keinginan kemudian tekan ‘Oke’.

3. Masukkan File-File yang Ingin Dibagikan dalam Folder

Setelah folder baru dibuat, tentu saja keadaan folder itu akan kosong ketika pengguna masuk ke dalamnya. Sekarang pengguna tinggal mengisinya dengan file yang ingin dibagikan. Upload file-file yang ingin dibagikan pada folder tersebut melalui tombol ‘upload’.

Berbagai jenis file bisa pengguna upload ke dalam folder ini. Tidak terbatas pada file yang berformat word saja. Namun juga file berupa gambar, grafik, bahkan sampai format gambar pun juga bisa diupload dan dibagikan melalui cara ini.

4. Share Link Folder Pada Pengguna Lain yang Dituju

Tahap selanjutnya adalah membagikan link dari folder tersebut kepada pengguna lain. Tekan ikon yang berupa titik tiga yang biasanya ada di sisi atas kiri layar. Kemudian pilih opsi ‘Share’, kemudian akan ada kotak dialog yang meminta anda memasukkan akun pengguna lain yang akan menjadi alamat email tujuan.

Pengguna bisa mengirim link tersebut ke beberapa pengguna lain sekaligus batasnya adalah 7 sampai 10 orang. Jangan lupa untuk memberikan izin akses kepada akun yang ditujuh. Izin akses yang bisa diberikan bisa merupakan izin akses untuk melihat saja. Ataupun izin akses untuk merubah isi folder dan file yang diupload.

5. Tambahkan File Tambahan yang Ingin Dibagikan

Jika ternyata ada file lain yang perlu dikirim, pengguna tidak perlu mengirim link lagi seperti sebelumnya. Tinggal upload saja file tambahan yang dimaksud ke dalam folder yang dibuat sebelumnya. Maka pengguna yang sudah memiliki akses akan secara otomatis bisa mengakses file tersebut.

Itulah cara mengirim file dengan Google Drive, sangat mudah, praktis dan efisien. Tidak perlu lagi membuat banyak lampiran dalam satu email. Untuk itu, segera saja coba kirim file dengan tutorial di atas, ya!.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Posting Komentar untuk "Cara Mengirim File dengan Google Drive, Banyak File Dalam Satu Kali Kirim"