Cara Menggunakan Filter di Google Meet Agar Video Conference Menarik

Aplikasi Google Meet menjadi salah satu aplikasi terbanyak yang digunakan oleh para masyarakat. Termasuk dalam pembelajaran yang melibatkan siswa dan guru, pada saat melakukan video conference selama masa pandemi. Agar semakin menarik, Google Meet juga menyediakan aneka filter untuk wajah dan virtual background, yang membuat video conference tidak membosankan. Terlebih, cara menggunakan filter di Google Meet ini juga praktis dijalankan.

Sudah sejak lama, aplikasi ternama ini dikenal sebagai aplikasi video conference berkualitas. Terbukti dari inovasi seperti filter yang lucu dan keren, yang dapat dimanfaatkan pengguna saat melakukan berbagai panggilan video. Tidak heran, banyak yang merasa penasaran, dan akhirnya menelusuri lebih dalam. Karenanya, ulasan ini sengaja dihadirkan untuk membagi informasi tentangnya, sebagai berikut:

Cara Memanfaatkan Filter Wajah di Google Meet

Hadirnya filter seperti topeng, kucing, astronot, dan lain-lain, dapat diaktifkan untuk memberikan pengalaman yang lebih seru. Filter ini tersedia di platform Android dan iOS. Jika ingin memakai filter ini, maka langkah kerja yang harus dilakukan di antaranya:

1. Buka Halaman Google Meet

Langkah pertama untuk menggunakan filter Google Meet adalah dengan membuka Google Meet lewat browser atau smartphone. Selanjutnya, pengguna dapat melakukan login ke akun Google yang dimiliki. Jika sudah selesai, pilih New Meeting agar video conference terbaru bisa dimulai.

Selain itu, pengguna juga dapat bergabung via link atau kode meeting yang sudah tersedia. Lalu, ketuk Join. Bila sudah, pengguna dapat mengatur kamera dan microfon dengan cara memilih pengaturan yang terletak pada bawah layar.

2. Klik Filters

Cara menggunakan filter di Google Meet selanjutnya adalah dengan menemukan tombol aksesnya. Yakni awalnya, pengguna perlu memanggil teman lewat Google Meet. Lalu, temukan ikon bergambar bintang di pojok kanan bawah. Kemudian klik Filters, sehingga akan muncul tab Effect.

3. Pilih Filter Sesuai Keinginan

Selanjutnya, pengguna sudah dapat memilih filter yang akan digunakan. Caranya cukup dengan menggulir filter yang tersedia di sampingnya. Banyaknya filter yang disediakan oleh aplikasi, tentunya akan memuaskan penggunanya. Mulai dari topeng, ubur-ubur, astronot, dan beragam filter lain yang sangat patut untuk dicoba.

Cara Memasukkan Virtual Background Pengganti ke Google Meet

Selain bisa menerapkan aneka filter wajah yang asyik dan seru, pengguna juga bisa mengkreasikan filter yang lain. Yakni berupa virtual background yang bisa diubah sesuka hati. Bila pengguna ingin memanfaatkan fitur asyik ini, maka baiknya mengikuti sejumlah panduan yang diterangkan, sebagai berikut:

1. Ketuk Tombol Tiga Titik Vertikal

Jika pengguna sudah memasuki virtual meet, maka pengguna dapat memilih tombol tiga titik vertikal yang terletak di bawah meet. Selanjutnya, pengguna dapat memilih opsi Change Background agar latar belakang Google Meet bisa diganti.

2. Pilih Use Image From Disk

Setelah pop up muncul, maka pilih saja opsi Selanjutnya. Lalu klik pilihan bertanda plus yang berjudul Use Image from Disk. Nantinya, pengguna diminta untuk memilih gambar sesuai keinginan. Yakni dengan cara mengunggah serta menjadikannya latar belakang di aplikasi Google Meet. Namun, sebelum menentukan foto yang akan dibuat background meeting, download terlebih dahulu  gambar tersebut, dan letakkan di ruang penyimpanan.

Nantinya, proses mengunggah foto, Google Meet akan mengarahkannya ke ruang penyimpanan. Prosesnya menelan waktu tidak lama, sehingga cara ini dapat dilakukan dengan cepat saat meeting berlangsung. Cara ini bisa diterapkan saat pengguna merasa bosan memakai latar belakang yang itu-itu saja.

Itulah cara menggunakan filter di Google Meet untuk diterapkan di wajah serta virtual bacground. Dengannya, kini video conference menjadi semakin menyenangkan untuk dilakukan. Jadi tunggu apa lagi? Segera saja terapkan, untuk menghasilkan tampilan yang mengesankan!

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Filter di Google Meet Agar Video Conference Menarik"