Cara Menggabungkan File PDF di Laptop Menggunakan Adobe Acrobat DC

cara menggabungkan file PDF di laptop

Dalam sebuah institusi pendidikan, terkadang lebih suka menugaskan siswanya untuk menyimpan tugas dalam berkas berformat PDF. Bukan hanya satu, tapi sampai beberapa file sekaligus. Untuk yang masih bingung bagaimana langkahnya, dalam penjelasan ini akan diberikan cara menggabungkan file PDF di laptop dengan mudah. Adapun Software yang dipakai adalah Adobe Acrobat DC, berikut cara lengkapnya:

1. Bukalah Adobe Acrobat DC

Pada beberapa laptop, software ini tersedia secara otomatis dan memang bawaan dari perangkat. Jadi, tidak perlu mengunduhnya lagi. Langkah pertama yang harus dilakukan ketika ingin menggabungkan beberapa file PDF yaitu dengan membuka software tersebut. Selanjutnya, di sisi atas pilihlah menu Tools. Lalu tap Combine File yang ada di kanan layar.

2. Tambahkan File yang Akan Digabung

Selanjutnya, pengguna bisa menambahkan berkas apa pun yang ingin digunakan. Bukan hanya yang berformat PDF, tapi juga lainnya. Seperti gambar format jpg, dokumen dari Microsoft Word dengan format doc, ataupun spreadsheet yang dibuat di Microsoft Excel. Bahkan file presentasi yang diedit di Microsoft Powerpoint juga bisa digabungkan di sini.

Tambahkan berkas tersebut dengan menekan menu Add Files yang berada di bagian tengah halaman. Setelahnya pengguna bisa mencari file mana saja yang ingin digabungkan di lokasi di mana menyimpannya. Para pengguna juga dimungkinkan untuk memasukkan berkas yang terdapat di mesin pemindai. Tinggal pilih semua berkas yang akan digabung.

3. Lakukan Pratinjau pada Dokumen

Langkah berikutnya, para pengguna bisa melakukan pratinjau pada semua file yang telah ditambahkan. Caranya yaitu dengan mengarahkan kursor menuju ke salah satu thumbnail berkas. Untuk membuka jendela pratinjau, klik kanan di sebelah berkas thumbnail. Yang mana diberikan simbol berupa kaca pembesar. Jika ingin menutupnya, klik logo X.

4. Aturlah Halaman

Sebelum berlanjut ke cara menggabungkan file PDF di laptop yang berikutnya, para pengguna diperkenankan untuk mengatur dokumennya. Supaya lebih mudah, perluas dokumen tersebut dengan mengklik kanan. Lalu setelahnya, pilihlah ikon luaskan yang ditampilkan di sisi kanan thumbnail bagian atas. Lakukan pengaturan jika ternyata ada file yang belum tepat.

5. Hapuslah Halaman yang Tidak Diperlukan

Jika ternyata terselip berkas yang tidak diperlukan, pengguna bisa langsung menghapusnya. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengklik kanan dan cari ikon berbentuk tempat sampah. Atau ingin yang lebih cepat, tekan tombol Shift bersama klik beberapa file yang ingin dihilangkan. Untuk menghapus satu halaman, bisa menekan Cmd (Mac) + klik file.

6. Susun Ulang Halaman

Kalau merasa sudah yakin tidak ada berkas yang terselip, pengguna bisa mengeceknya ulang. Jangan lupa menyusunnya lagi sesuai urutan. Caranya yaitu dengan memilih thumbnail file yang ingin dipindah susunannya. Selanjutnya, seret ke mana lokasi yang seharusnya. Sebagai tanda, ada garis biru yang menunjukkan tempatnya.

7. Gabunglah File

Langkah terakhir, para pengguna dapat langsung menggabungkan semua berkas yang telah diatur. Tekan tombol Combine dan tunggulah sampai proses selesai dikerjakan. Setelah selesai, dokumen akan terbuka dan bebas dilakukan pengeditan. Seperti mengganti nama, meninjau dokumen baru, atau menyimpannya.

Itulah langkah-langkah yang harus dikerjakan dalam cara menggabungkan file PDF di laptop. Para pengguna kini tidak perlu mencari aplikasi baru, karena bisa menggunakan software bawaan. Adobe Acrobat DC pun sudah terkenal dalam masalah edit atau gabung berbagai file PDF. Jika ingin memperoleh fitur yang lebih lengkap, bisa beralih ke mode berbayar.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Posting Komentar untuk "Cara Menggabungkan File PDF di Laptop Menggunakan Adobe Acrobat DC"