Cara Mengembalikan Akun Google yang Hilang Secara Gampang

Akun Google menjadi salah satu alamat penting karena bisa terhubung kepada beberapa software yang tersedia di perangkat. Tapi ternyata bisa juga mengalami masalah, contohnya akun hilang secara tiba-tiba. Jika mengalaminya, maka cobalah mengenali aneka indikasi yang menjadi penyebabnya. Kemudian segera atasi dengan rekomendasi cara mengembalikan akun Google yang hilang yang diterangkan berikut ini.:

Penyebab Akun Google Hilang

Ternyata ada tiga hal yang bisa menimbulkan masalah berupa kehilangan akun Google. Penyebab ini harus diperhatikan benar supaya akun Google tetap bisa digunakan. Berikut ini penyebab-penyebab tersebut:

1. Akun Lama Tidak Digunakan

Akun Google yang lama tidak digunakan bisa mengakibatkan pemilik mengalami kehilangan. Hal ini mungkin saja terjadi ketika seseorang membeli handphone baru dan memiliki lebih dari satu akun. Sehingga akun yang lain akan hilang, bahkan dinonaktifkan sementara atau selamanya oleh pihak Google.

2. Sering Mengubah Password

Berhati-hatilah jika sering gonta-ganti kata sandi. Karena terlalu bingung menggunakan password yang mana, membuat pengguna bisa lupa. Akibatnya, kata sandi yang terakhir pun tidak dapat diingat. Dan hal ini akan membuat akun Google gagal terbuka dan hilang.

3. Terlalu Banyak Akun Google

Banyak sekali orang yang mempunyai akun Google lebih dari satu. Karena tujuan tertentu, para pengguna membuat akun lagi padahal sudah memilikinya. Hal inilah yang sering membuat lupa dengan alamat email beserta kata sandinya. Jika begini, usahakan untuk menulis catatan supaya tidak terlupa.

Cara Mengatasi Akun Google Hilang

Setelah mengetahui penyebab dari hilangnya akun Google, sekarang simaklah cara mengembalikan akun Google yang hilang. Sehingga akun tersebut bisa digunakan dan dibuka kembali untuk mengakses berbagai macam paltform yang terhubung dengan akun yang dimiliki. Berikut ini tiga cara yang dapat dicoba:

1. Gunakan Nomor Telepon

Cara pertama yang patut dijajal adalah melakukan pemulihan dengan memanfaatkan nomor telepon yang dipakai mendaftar dulu. Jika menggunakan langkah ini, pastikan bahwa kontak belum mati dan masih bisa digunakan untuk menerima pesan singkat. Hal ini dilakukan untuk me-reset password agar bisa mengembalikan akun yang hilang. Berikut ini caranya:

  • Buka browser dan masuk ke halaman Pemulihan Akun;
  • Tulis alamat email yang dipakai mendaftar, pilih Berikutnya;
  • Klik Lupa Sandi dan tap Coba Pertanyaan Lain;
  • Masukkan nomor telepon;
  • Kirim kode verifikasi; dan
  • Buat password baru di halaman reset.

2. Pakai Alamat Email

Tidak jauh berbeda dari sebelumnya, di sini juga harus melakukan pemulihan dengan menggunakan alamat email. Untuk mengembalikan akun Google yang hilang, ikuti langkahnya berikut ini:

  • Kunjungi halaman pemulihan;
  • Klik kolom Saya Tidak Memiliki Ponsel dan lewati pertanyaan keamanan;
  • Tulis alamat email dan tunggu kode verifikasi dikirim;
  • Salin kode, lalu tekan Berikutnya; dan
  • Atur ulang kata sandi dan tunggu konfirmasi setelah 3-5 hari masa kerja.

3. Manfaatkan Dukungan Akun

Ketika ganti handphone, bisa saja akun Google yang ada di dalamnya terlupakan. Untuk itu, gunakan dukungan akun sebagai bukti kepemilikan supaya mendapatkan akses. Pakailah perangkat yang pernah digunakan sebelumnya untuk membuka akun tersebut. Lalu isikan semua pertanyaan yang ada di formulir. Tunggulah sampai pihak Google memberikan jawaban.

Itulah tiga cara mengembalikan akun Google yang hilang untuk dijajal oleh pengguna. Perhatikan juga penyebab yang biasa mengakibatkan masalah tersebut. Sehingga akun bisa diakses kembali dan digunakan untuk membuka berbagai platform. Usahakan rutin membukanya dan jangan melupakan password yang dimiliki. Karena jika terlalu lama, pihak Google bisa menghapusnya secara permanen.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Posting Komentar untuk "Cara Mengembalikan Akun Google yang Hilang Secara Gampang"