Cara Mengatasi Google Classroom Tidak Bisa Mengirim Tugas Terakurat

Sejak adanya aturan belajar secara daring, Google Classroom semakin banyak digunakan untuk berkirim tugas. Tapi terkadang terjadi trouble yang diakibatkan oleh beberapa sebab. Karena itu coba bacalah cara mengatasi Google Classroom tidak bisa mengirim tugas yang akan dijabarkan di bawah ini. Agar jika suatu saat mengalami kendala serupa, dapat melakukan penanganan yang paling tepat! Berikut ulasannya:

1. Periksa Koneksi Internet

Google Classroom memang membutuhkan koneksi yang kuat pada saat mengirimkan tugas. Apalagi jika berkas tersebut memiliki ukuran yang cukup besar. Cobalah aktifkan plane mode dan nyalakan kembali. Selain itu, carilah lokasi yang mempunyai kekuatan sinyal baik. Atau kalau perlu, gunakanlah WiFi supaya prosesnya lebih mudah untuk dilakukan.

2. Tunggulah Sampai Tidak Overload

Kapasitas pengguna yang terlalu berlebihan juga menjadi salah satu penyebab tugas gagal terkirim. Jika hal itu terjadi, bersabarlah dan tunggu sampai Google Classroom dapat diakses kembali. Cobalah untuk menghindari mengunggah berkas saat jam-jam sibuk mendekati deadline. Hindari pula meng-upload tugas bersamaan dengan siswa yang lain.

3. Cek Batas Waktu Pengiriman Tugas

Tugas yang dikirim oleh guru pengajar pasti memiliki tenggat waktu atau deadline. Periksa dengan benar berapa lama waktu yang diberikan tersebut. Karena jika melewati masa yang sudah ditentukan, secara otomatis tugas tidak akan bisa terkirim. Bahkan tidak muncul dalam form yang disajikan oleh guru. Karena itu, usahakan untuk segera menyelesaikan setiap tugas yang diberikan debelum deadline-nya

4. Cek Format Tugas yang Akan Dikirim

Pernahkah ketika mengunggah tugas, mendapatkan notifikasi berupa Couldn’t Attach Drive File? Coba periksa lagi berkas yang akan dikirim tersebut. Jangan sampai keliru jenis format yang digunakan. Sering kali, para siswa tidak mengecek format dari file yang hendak dikirim. Padahal Google Classroom ini hanya mendukung format tertentu seperti PDF, DOC, JPG, JPEG, WAV, atau yang relevan. Sehingga akibatnya pengiriman pun gagal.

5. Gunakan Browser

Jika empat cara mengatasi Google Classroom tidak bisa mengirim tugas di atas sudah dijalankan, namun masih saja gagal, barangkali masalah ada pada aplikasi. Sehingga cara yang efektif untuk dipilih para siswa dalam pengunggahan tugas adalah mengakses website dengan browser seperti Chrome, Mozilla, dan lainnya.  Yakni dengan mengikuti langkah-langkah yang diterangkan di bawah ini:

  • Buka browser apapun dan ketik classroom.google.com di kolom pencarian;
  • Pilih kelas yang diikuti dan cari form unggah tugas yang diberikan oleh guru;
  • Tekan pada kolom Add or Create untuk menambahkan berkas;
  • Pilih Select Files from your Device dan cari file-nya di penyimpanan; dan
  • Tekan Turn in untuk mulai mengirim.

6. Gunakan Google Drive

Selain mengirimkannya melalui browser, para siswa juga bisa memanfaatkan Google Drive. Hal ini terbukti mampu mengatasi ketika tugas tidak dapat terkirim. Tapi yang perlu diingat, alamat email antara Google Drive dan Classroom harus sama. Coba simak langkah-langkah berikut ini:

  • Buka Google Drive, tekan ikon berupa plus yang ada di sudut bawah dan pilih Upload;
  • Tentukan file mana yang akan dikirim. Jangan lupa berikan akses kepada pengguna lain supaya bisa membukanya;
  • Buka Google Classroom dan cari kelas;
  • Bukalah form tugas yang diberikan dan pilih Tambahkan Lampiran;
  • Pilih media penyimpanan Drive dan cari file yang telah tersimpan; dan
  • Klik Serahkan.

Itulah penjelasan tentang cara mengatasi Google Classroom tidak bisa mengirim tugas yang dapat dijajal. Carilah hal-hal yang menjadi penyebabnya dan lakukan langkah-langkahnya secara bertahap. Sehingga tidak ada permasalahan lagi dan tugas bisa segera terkirim sebelum waktu deadline.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Google Classroom Tidak Bisa Mengirim Tugas Terakurat"