Cara Mengatasi Google Drive Kuota Terlampaui dengan Mudah

Cara Mengatasi Google Drive Kuota Terlampaui

Google Drive merupakan salah satu media penyimpanan yang menawarkan berbagai benefit. Beberapa pengguna dimungkinkan untuk mengakses file dengan mudah melalui sebuah link yang dibagikan. Tapi terkadang ada limit yang diberikan. Sebagai solusi, simaklah cara mengatasi Google Drive kuota terlampaui berikut ini. Sehingga dapat melihat atau mengunduh tanpa menunggu waktu reset.

1. Buatlah Akun Google

Media penyimpanan Google Drive menggunakan akun google sebagai akses masuk ke dalam dokumen yang tersimpan di dalamnya. Jadi, supaya bisa melihat atau mendownload file tersebut, harus mempunyai akun terlebih dahulu. Tidak perlu ribet, di sini yang dibutuhkan hanyalah email berikut password yang harus dimasukkan.

2. Bukalah Halaman Preview File

Sering kali Google Drive menerapkan sistem limit terhadap file yang disimpan. Jika sudah dibuka oleh banyak orang, pengguna lain tidak dapat mengaksesnya lagi. Dan pengaturan ini akan di-reset setelah dua puluh empat jam. Agar tidak menunggu lama, bukalah berkas tersebut pada halaman Preview. Pertama, salin link yang disertakan oleh pemiliknya.

Setelah itu, tempelkan link di kolom pencarian pada browser yang ada di perangkat. Bisa juga dengan menekan CTRL bersamaan huruf V untuk langkah cepat. Untuk menuju ke halaman Preview, ada beberapa bagian yang perlu diubah. Pada link drive.google.com.uc, ubahlah uc menjadi open. Selain itu, hapuslah &export=download. Jangan lupa tekan Enter.

3. Buatlah Shortcut

Pada halaman Preview, pengguna akan menemukan simbol segitiga dengan tanda plus di bagian kanan atas layar. Yang mana simbol tersebut dulunya dinamakan Add to My Drive. Sebuah fitur dalam Google Drive yang membuat pengguna bisa meletakkan file pada halaman utama. Jadi, setelah diakses secara otomatis berkas terlihat di tampilan awal.

Dan sekarang, fitur tersebut di-update lebih baik lagi dengan nama Shortcut. Jika dulu file ditampilkan pada tampilan utama Google Drive, sekarang tidak lagi. Karena berkas tersebut tetap ditempatkan di lokasi aslinya. Sehingga pengguna akan diarahkan secara langsung di mana tempat sebenarnya. Jangan khawatir, di sini masih bisa melakukan copy file.

4. Buatlah File Salinan

Jika sudah berhasil membuat shortcut, bisa melakukan cara mengatasi Google Drive kuota terlampaui yang selanjutnya. Pada langkah ini pengguna diharuskan menduplikasi file yang sudah diakses tersebut. Meskipun fitur Add to My Drive sudah ditiadakan, tapi menu copy ini masih bisa dilakukan.

Pada sisi file, lakukan klik kanan pada mouse lalu cari Make a Copy yang ditampilkan di drop down. Para pengguna tidak boleh melupakan dua hal ini sebelum melakukan duplikasi. Yang pertama, perlu mematikan bahwa kapasitas penyimpanan Google Drive masih muat untuk menyimpan berkas. Dan selanjutnya, pemilik berkas mengizinkan duplikasi.

5. Unduh File yang Sudah di Duplikat

Setelah semua langkah tersebut, pengguna bisa langsung membuka file-nya tanpa harus terkena limit. Dan berkas tersebut bebas dibuka atau disimpan ke ruang penyimpanan internal. File yang telah diduplikasi bisa langsung diunduh dengan mengklik kanan. Selanjutnya, pilih menu Download.

Nantinya, file secara otomatis akan tersimpan tapi dengan nama yang sedikit berbeda. Pada bagian awal akan ada tambahan kata Copy of.... Tinggal tunggu proses download sampai angka 100%. Jika perlu, nama bisa diubah sendiri.

Demikian cara mengatasi Google Drive kuota terlampaui yang dapat dilakukan oleh para pengguna. Semua langkahnya tidaklah rumit. Sekarang tidak perlu lagi menanti sampai waktu limit dipulihkan karena file bisa diakses kapan saja.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Google Drive Kuota Terlampaui dengan Mudah"