Cara Memperbaiki File Excel yang Rusak Karena Virus dengan Cepat

File Excel biasanya berkaitan dengan perhitungan data penting sehingga apabila mengalami kerusakan maka sangat merugikan. Kerusakan tersebut bisa diakibatkan oleh banyak hal, salah satunya yang paling membahayakan ialah  karena virus. Berikut merupakan cara memperbaiki file Excel yang rusak karena virus paling mudah dijalankan:

1. Klik File

Pengguna harus melakukan cara yang pertama ini guna memperbaiki file Excel yang rusak. Mula-mula pengguna harus membuka file manager terlebih dahulu yang ada di komputer. Siapapun pasti sudah hafal letak dari file ini sehingga tidak menjadi hal yang sulit untuk menemukannya. Klik file tersebut dan jangan lupa untuk klik Open guna membukanya.

Pilihan Open biasanya berada pada urutan yang paling atas sehingga akan mudah sekali untuk terlihat, dan siapapun tidak akan merasa kesusahan. File pun akan terbuka dengan sendirinya, hanya saja pengguna perlu untuk menunggu waktu sebentar agar file dapat ditampilkan. Lama atau tidaknya waktu menunggu tergantung dari lemot atau tidaknya komputer yang dimiliki.

2. Pilih Lokasi dan Folder

Orang yang akan memperbaiki suatu file tentu sudah paham sekali di mana peletakkan file yang rusak tersebut, sehingga tinggal diarahkan saja. Lokasi dan juga folder yang berisi mengenai file Excel rusak dapat ditemukan dengan segera berkat ingatan yang tajam dari pengguna. Pastikan bahwa lokasi dan foldernya sudah benar, agar tidak memperlama waktu perbaikan.

3. Pilih Buku Kerja Rusak pada Dialog Buka

Apabila cara memperbaiki file Excel yang rusak karena virus poin pertama dan kedua sudah dilakukan, maka akan muncul dialog Buka. Tugas dari pengguna pada cara yang ketiga ini adalah dengan memilih buku kerja yang dianggap rusak disebabkan karena virus. Pengguna dapat mengetik nama file yang rusak tersebut ataupun dapat mencarinya secara manual.

Tapi, alangkah lebih baik jika mencarinya secara otomatis saja yaitu dengan mengetik langsung nama filenya pada kolom search. Sebelum melakukan hal ini tentu pengguna harus menghafalkan terlebih dahulu nama filenya, atau paling tidak, kata kunci yang relevan dengannya. Ini sangat penting untuk diperhatikan, supaya proses pencarian data bisa lebih cepat dan akurat.

4. Fokus pada Panah di Samping Tombol Buka

Pada bagian samping kanan dari tombol Buka terdapat tanda panah ke bawah yang berisikan beberapa perintah. Nyatanya perintah yang letaknya tersembunyi ini, menyimpan manfaat yang begitu berguna untuk memperbaiki file rusak. Klik tanda panah tersebut dan terdapat 6 pilihan yang bisa dipilih sesuai dengan tujuan dari setiap pengguna.

Pada barisan menu yang ditampilkan layar carilah menu buka dan perbaiki. Posisinya, berada di nomor lima dari atas atau nomor dua jika dihitung dari bawah. Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai pop up kembali dimunculkan oleh layar.

5. Pilih Perbaiki

Selanjutnya, jika pop up kembali muncul, pengguna harus klik pilihan Perbaiki, yang berguna dalam mengatasi buku kerja yang terinfeksi virus atau mengalami kerusakan karena hal lain. Setelahnya, proses perbaikan file akan berjalan secara otomatis. Karena proses ini memerlukan waktu yang bervariasi tergantung jenis kerusakannya, maka sebaiknya pengguna bersabar dan tidak memencet apapun sebelum prosesnya tuntas. Terakhir, bila proses berhasil, maka data kembali terbaca.

Beberapa cara memperbaiki file Excel yang rusak karena virus yang telah dijelaskan di atas dapat dipraktekan sendiri di rumah tanpa harus melihat tutorial Youtube. Pastikan pengguna telah memahami caranya satu per satu terlebih dahulu sebelum memulai perbaikannya. Sehingga tidak akan merasa bingung di tengah perjalanan. 

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki File Excel yang Rusak Karena Virus dengan Cepat"