Begini Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Word yang Mudah

cara membuat tanda tangan digital di word

Penggunaan digital signature dalam sebuah dokumen semakin digemari karena lebih valid dan menghemat waktu. Tidak perlu lagi mencetaknya dan membubuhkan tanda tangan. Jika masih merasa bingung, coba bacalah cara membuat tanda tangan digital di Word yang dipaparkan pada penjelasan ini. Caranya tidaklah sulit, hanya perlu melakukannya secara teliti.

1. Memiliki Sertifikasi Digital

Syarat utama yang harus dipenuhi sebelum membuat tanda tangan digital yaitu memiliki sertifikat. Yang mana diperlukan untuk memastikan identitas asli dari pembuat tanda tangan. Sertifikat dikeluarkan oleh CA (Certificate Authority). Pengguna bisa memperolehnya dengan harga beberapa ratus dolar untuk masa satu tahun. Jadi, disarankan ini digunakan untuk berkas formal saja.

2. Memilih Area yang Diberi Tanda Tangan

Jika sudah mendapatkan sertifikat, pengguna bisa langsung memanfaatkannya untuk membuat tanda tangan digital. Bukalah dokumen kosong atau file yang sudah diedit di dalam Microsoft Office Word. Pastikan berkas tersebut telah berhasil tersimpan. Setelah itu, arahkan kursor ke lokasi yang ingin diberikan digital signature.

3. Mencari Menu Pembuat Tanda Tangan Digital

Para pengguna bisa membuat tanda tangan pada menu Insert yang ada pada Microsoft Office Word. Yang mana fitur tersebut terletak di dalam grup Teks. Setelah itu, arahkan mouse ke Baris Tanda Tangan dan klik bagian tersebut. Tap pada pilihan Baris Tanda Tangan Microsoft Office untuk melakukan pengaturan di Signature Setup.

4. Melakukan Pengaturan yang Diperlukan

Cara membuat tanda tangan digital di Word yang berikutnya adalah melakukan pengaturan terlebih dahulu. Hal itu bisa dilakukan di dalam kotak dialog Signature Setup. Ada beberapa informasi yang nantinya akan ditampilkan di bagian bawah tanda tangan. Isilah empat kolom yang disediakan. Pada kolom pertama, cantumkan nama lengkap dari pembuat.

Pada kolom selanjutnya, jika diperlukan para pengguna bisa menuliskan juga jabatan yang dimiliki sekarang. Tambahkan pula alamat email dan instruksi tambahan sebagai informasi pelengkap. Ada juga dua bagian yang bisa dicentang. Hal ini akan membuat tanggal pembuatan tanda tangan bisa ditampilkan. Setelah selesai bisa tekan OK.

5. Membuka Jendela Sign

Setelah berhasil melakukan pengaturan, kotak dari tanda tangan digital akan ditampilkan pada area yang ditentukan. Untuk mulai membuatnya, harus menuju ke jendela Sign terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan mengklik kanan di samping kotak tersebut. Dan pada menu drop dwon pilih saja Sign. Atau juga bisa membukanya dengan klik dua kali.

6. Membuat Tanda Tangan Digital

Pengguna akan dibawa ke jendela Sign yang digunakan untuk bisa membubuhkan tanda tangan. Ada dua versi yang dapat dipilih, yaitu versi cetak atau menggunakan gambar. Ketika ingin membuatnya dengan versi cetak, caranya sangatlah mudah. Cukup tuliskan nama di samping kolom yang ditandai dengan simbol X.

Tapi ketika ingin menggunakan gambar yang telah dibuat, pengguna bisa menambahkan secara langsung. Klik pada bagian Pilih Gambar yang ada di samping kolom. Carilah di mana lokasi tempat menyimpannya. Setelah berhasil ditambahkan, klik tombol Sign. Otomatis tanda tangan akan ditampilkan di bagian bawah lembar kerja.

Demikian penjelasan mengenai cara membuat tanda tangan digital di Word. Sekarang tidak perlu lagi kerepotan mencantumkannya di kertas, karena sudah bisa dilakukan dengan mudah. Terlebih lagi, ada benefit yang akan diterima. Bukan hanya proses pembuatannya tidak sulit, tapi dokumen yang diberi tanda tangan lebih valid. Hal itu pun sudah dijamin.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Posting Komentar untuk "Begini Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Word yang Mudah"