Cara Membuat Barcode di Word Anti Gagal

Barcode merupakan sebuah kebutuhan di dunia jual beli. Banyak sekali kemudahan yang akan didapatkan jika memiliki barcode di setiap produk yang dijajakan. Karena nantinya barcode ini dapat menjelaskan mengenai nama barang, harga, dan lainnya. Sekarang, membuat barcode ini merupakan hal yang mudah dengan menggunakan MS Word. Berikut merupakan cara membuat barcode di Word yang bisa dicoba.

1. Membuka Aplikasi MS Word

Mulanya pengguna harus membuka aplikasi MS Word terlebih dahulu. Biasanya letak dari aplikasi ini berada di bagian Home sehingga mudah sekali untuk menemukannya. Simbol dari aplikasi ini adalah terdapat huruf W besar yang menandakan Word. Perlu diketahui bahwa untuk membuar barcode ini tidak boleh menggunakan versi yang rendah, minimal adalah versi 2010.

Apabila pengguna tidak menemukan aplikasi ini pada bagian Home, maka dapat mencarinya melalui tombol Start kemudian cari di kolom pencarian. Klik aplikasinya dan tunggulah hingga aplikasinya terbuka. Apabila laptopnya masih baik-baik saja dan penyimpanan tidak penuh maka proses terbukanya tidak akan lama.

2. Buka Jendela Object

Cara membuat barcode di Word selanjutnya adalah dengan klik Insert yang berada di bagian atas. Menu Insert ini berada pada urutan ketiga sehingga dapat terlihat dengan jelas. Pengguna yang sudah klik Insert, maka akan muncul banyak sekali perintah yang disertai dengan gambar. Bergeserlah pada sebelah kanan dan pengguna akan menemukan Object. Klik Object tersebut dan munculah jendela Object.

Jika jendela telah muncul, maka jangan lupa klik bagian Creat New. Pada bagian bawahnya terdiri dari banyak sekali pilihan yang telah disediakan. Demi membuat sebuah barcode untuk produk, maka pengguna harus memilih Corel BARCODE 12,0. Cobalah untuk gulirkan ke bagian bawah guna menemukan pilihan ini. Kemudian ketika sudah menemukannya tinggal klik saja OK.

3. Pilih Format Barcode Sesuai Selera

Sesudah pengguna klik OK, Jendela Wizard pun akan muncul. Kegunaan dari Jendela Wizard ini adalah untuk memilih format barcode yang dikehendaki. Tidak ada batasan bagi pengguna dalam memilih format ini sehingga siapapun dapat memilih dengan bebas. Terdapat beberapa pilihan format barcode yang menarik sehingga cocok untuk dipakai.

Selanjutnya, terdapat kotak yang harus diisi oleh pengguna. Kotak tersebut harus diisi dengan kode yang telah dibuat untuk barcode. Setiap barang tentu memiliki kode yang berbeda-beda sehingga harus jeli dalam membuatnya. Banyaknya angka pada kode tersebut dapat disesuaikan sendiri sesuai dengan keinginan pengguna.

4. Atur Tinggi dan Lebar Barcode

Mengatur tinggi dan juga lebar dari barcode-nya juga tidak boleh dilewatkan begitu saja. Sesuaikanlah tinggi dan lebarnya berdasarkan dengan resolusi yang diinginkan, dan juga besar produk yang akan ditempeli barcode. Mudah sekali untuk mengatur tinggi dan juga lebar karena tinggal digeser saja sesuai dengan kemauan. Klik Next jika sudah selesai mengaturnya.

5. Tentukan Font yang Jelas untuk Barcode

Ukuran tinggi dan juga lebarnya sudah jadi, maka cara selanjutnya adalah dengan mengatur jenis font-nya. Pilihan font tersedia banyak sekali sehingga tinggal dipilih saja. Umumnya, untuk barcode ini, jenis font yang dipilih biasa saja tidak terlalu berlebihan. Terakhir, silahkan klik Finish dan barcode pun siap untuk dicetak dan digunakan.

Beberapa cara membuat barcode di Word tersebut sangat mudah untuk dipraktekkan. Pengguna tidak perlu lagi untuk megunduh aplikasi karena menggunakan MS Word pun sudah bisa. Perbanyaklah latihan agar semakin lihai untuk membuatnya. Sekarang, usaha pun jauh lebih berkembang dan lebih modern dengan penggunakan barcode ini.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Barcode di Word Anti Gagal"