Cara Membuat Animation di Power Point dengan Mudah

Presentasi bisa dikatakan berhasil jika pesan dapat tersampaikan dengan baik pada audien. Salah satu tipsnya adalah menggunakan efek animation untuk menarik fokus audien. Cara membuat animation di Power Point sangat mudah dan bisa dilakukan dengan cepat. Namun harus diingat bahwa animation hanyalah pelengkap presentasi, inti pesan adalah yang paling penting.

Cara Membuat Animation di Power Point

Salah satu software pembuatan media presentasi yang paling populer digunakan adalah Microsoft Power Point. Software bawaan Windows ini memiliki banyak fitur menarik dan keren. Salah satunya fitur pembuatan animation. Cara membuatnya terbilang gampang, berikut beberapa langkah-langkahnya:

1. Menentukan Objek Animation

Langkah pertama yakni menentukan objek animation. Objek tersebut bisa berupa gambar, ikon, teks atau shape. Sesuaikan pemilihan objek berdasarkan materi dan isi presentasi. Objek tidak terbatas kuantitasnya. Bisa hanya satu, atau beberapa sekaligus. Namun harus diingat, penggunaan animation hanyalah pendukung. Jangan sampai objek animation terlalu banyak dan mengganggu pandangan audien.

2. Memilih Jenis Animation

Hal berikutnya yang perlu dilakukan setelah menentukan objek adalah memilih jenis animation yang akan dipasangkan pada objek. Pemilihan jenis animation sangat menentukan penampilan objek pada slide presentasi nantinya. Terdapat 4 jenis animation dengan fungsi berbeda yang harus ditentukan, di antaranya:

  • Entrance Effect yaitu efek saat objek animation muncul;
  • Emphasis Effect yaitu efek untuk menekankan/ menonjolkan tampilan objek animation;
  • Exit Effect yaitu efek saat objek animation hilang/ pergi; dan
  • Motion Path yaitu efek untuk memindahkan letak objek dari titik A ke titik B.

3. Mengatur Durasi Animation

Selain objek dan efek animasi, cara membuat animation di Power Point juga berkaitan dengan pengaturan durasi. Durasi yang tepat akan membuat audien tetap fokus pada layar presentasi dan tidak merasa jenuh. Sebaliknya, durasi yang terlalu cepat atau lama bisa membuat bosan dan tidak fokus. Langkah-langkah pengaturan durasi animasi sebagai berikut:

  • Pilih objek yang telah diberi efek animasi;
  • Pilih tab Animations lalu klik Animation Pane atau Custom Animation;
  • Klik kanan pada objek animation lalu pilih Timing; dan
  • Atur waktu atau durasi yang diinginkan, dalam ukuran detik.

4. Mengatur Urutan Animation

Selain memiliki durasi waktu yang tepat, sebuah animation juga harus memiliki pengaturan urutan tampilan yang baik. Penggunaan animation dengan objek yang lebih dari satu harus memiliki urutan tampilan yang disesuaikan kemunculannya. Urutan animation membuat penampilannya terlihat lebih teratur dan elegan.

Terdapat dua pilihan pengaturan urutan animation yakni Move Earlier dan Move Later. Move Earlier berfungsi untuk membuat sebuah objek animasi berjalan/ muncul lebih dulu dari objek lainnya. Sedangkan Move Later berfungsi untuk membuat objek berjalan selanjutnya atau di bagian akhir setelah objek lain.

Cara mengatur urutan animasi pada sebuah presentasi sangat mudah. Secara rinci langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pilih objek yang telah diberi efek animasi;
  • Lalu pilih tab Animation;
  • Pada bagian Timing, atur Reorder Animation; dan
  • Klik opsi Move Earlier atau Move Later.

Tips Membuat Animation di Power Point

Membuat slide Power Point untuk presentasi tidak hanya perihal isi materi dan pemberian efek animasi. Lebih dari itu, ada beberapa tips yang harus diingat sebelum memutuskan meletakkan efek animasi pada lembar presentasi. Pertama, gunakan animasi yang sederhana. Hindari penggunaan yang berlebihan karena bisa membuat tampilan presentasi menjadi terlalu ramai dan membingungkan.

Kedua, hanya gunakan animation bila dibutuhkan. Tidak semua pembahasan akan cocok diberi efek animasi. Jadi pintar-pintarlah memutuskan, kapan perlu memberi animasi atau tidak. Ketiga, lakukan uji coba sebelum memulai presentasi sesungguhnya. Uji coba sangat bermanfaat untuk meminimalisir error atau kesalahan yang mungkin terjadi pada slide presentasi.

Itulah cara membuat animation di Power Point dengan sederhana. Semakin sering mencoba, maka kemampuan membuat animation pada Power Point akan semakin meningkat. Jangan lupa untuk mengingat tips pembuatan animation agar hasil animasinya sesuai kebutuhan dan bisa berdampak baik pada proses presentasi.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Animation di Power Point dengan Mudah"