Inilah Cara Mematikan Kamera Google Meet yang Praktis Dijalankan

Melihat potret diri sendiri pada sebuah kegiatan video conference  di Google Meet tidak selalu menyenangkan bagi setiap orang. Pasalnya, tidak jarang orang merasa grogi atau kurang percaya diri dengan potret dirinya sendiri. Sehingga mencari cara mematikan kamera Google Meet setiap kali mengikuti conference. Lantas apa yang harus dilakukan? Adakah cara yang mudah dijalankan pengguna, terutama yang pemula? Jawabannya ada pada ulasan berikut, jadi simak dengan seksama! 

1. Pastikan Aplikasi Telah Terpasang

Hal pertama yang harus dilakukan sebagai cara mematikan kamera Google Meet ialah memastikan bahwa aplikasinya telah terpasang. Baik melalui perangkat ponsel android, iOS, maupun melalui perangkat PC/ Dekstop. Jika pengguna belum memiliki maka dapat mengakses langsung pada website resminya dengan melakukan pengetikan di Google. Selain itu juga bisa mendownload di Play Store atau Apps Store, dengan cara: 

  • Bukalah layanan penyedia aplikasi yang terdapat pada perangkat ponsel masing-masing;
  • Kemudian segera tuju pada kolom pencarian, lalu ketikkan Google Meet;
  • Bila sudah, maka klik saja pada rekomendasi penyaranan pertama;
  • Lalu jalankan pengunduhan dan pemasangan seperti pada umumnya; dan
  • Tunggu prosesnya berakhir, hingga icon Google Meet tampil pada layar utama masing-masing ponsel.

2. Buka Aplikasi Google Meet

Setelah proses instalasi dilalui, dan ikon Google Meet telah muncul, maka segera jalankan aplikasinya dengan cara klik satu kali ikon tersebut. Biasanya setelah aplikasi terbuka untuk kali pertama, pengguna akan diberi informasi standar komunitas dan persetujuan. Tinggal klik setuju saja bila sudah membacanya sampai habis.

Setelah itu, pengguna diharuskan untuk melakukan login aplikasi terlebih dahulu. Caranya pun sangat praktis, yakni cukup melakukan petunjuk yang disebutkan di bawah ini:

  • Klik pada menu login pengguna;
  • Kemudian masukkan alamat email aktif Google yang dimiliki; dan
  • Segera input password secara tepat sebagai tindakan verifikasi.

3. Buat atau Masuk ke Room Video Conference

Bila sudah berhasil masuk pada aplikasi, maka selanjutnya pengguna harus mengikuti video conference. Umumnya ini dapat dilakukan dengan dua buah cara. Pertama yakni pengguna berperan sebagai pihak pembuat dengan mengundang orang lain untuk gabung ke video conference. Sedangkan cara yang kedua, yakni dengan bergabung pada acara yang diselenggarakan orang lain. Tentunya pengguna harus punya link sebagai akses masuk jika memakai cara ini.

4. Tunggu Persetujuan

Keempat, bila pengguna masuk ke sebuah room dengan bantuan link, maka biasanya harus meminta izin untuk bergabung terlebih dahulu. Baru kemudian, jika admin penyelenggara memverifikasi keberadaan pengguna dan menyetujui, maka otomatis pengguna bisa bergabung. Biasanya, setelah persetujuan ini kamera dan microfon pengguna akan menyala, dan kamera perangkat akan menampilkan gambar di depannya. Dari sini, pengguna bisa memilih untuk mematikan atau menghidupkannya.

5. Matikan Kamera

Apabila pengguna merasa terganggu dengan tampilan pada video conference tersebut karena merasa kurang percaya diri atau sebab lain, maka dapat memilih untuk mematikan. Caranya dengan mengikuti petunjuk berikut:

  • Awalnya perhatikan pada bagian bawah tampilan Google Meet;
  • Kemudian segera cari icon berbentuk kamera;
  • Lalu tinggal tekan beberapa saat untuk menonaktifkannya; dan
  • Bila perlu matikan juga micnya dengan menekan icon pengeras suara yang ada di sampingnya.

Itulah beberapa langkah-langkah cara mematikan kamera Google Meet yang bisa dilakukan oleh pengguna. Bagaimana? Cara yang dihadirkan di atas sangat praktis untuk dipahami dan diikuti bukan? Jadi tidak perlu lagi merasa khawatir atau malu ketika mengikuti video conference. Karena ternyata, kamera yang menyorot pengguna bisa dimatikan dengan sangat gampang!

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Posting Komentar untuk "Inilah Cara Mematikan Kamera Google Meet yang Praktis Dijalankan"