Cara Memasukkan Video ke Power Point dengan Mudah


Presenter memang sering mencoba menyelipkan video pada Power Point yang akan disampaikan kepada penonton. Mudahkah cara memasukkan video ke Power Point untuk presentasi? Presentasi yang hanya berupa tulisan bisa membuat audiens menjadi bosan. Memasukkan video, yaitu gambar yang bergerak dan disertai suara akan membuat audiens lebih teringat akan isi presentasi. Berikut tahap-tahap menautkan video pada Power Point:

1. Membuka Blank Document

Cara memasukkan video ke Power Point harus diawali dengan membuka apps Power Point lebih dulu. Setelah Power Point terbuka, pilihlah blank document atau bisa juga memilih template yang sudah disediakan dari software Microsoft ini. Jika memilih template harus ada sambungan internet, sebab template tersebut mesti diunduh terlebih dahulu.

2. Mengakses New Slide dan Menyisipkan Video

Akses bagian "Home" pada Power Point, lalu carilah yang bertulis "New Slide". Setelah klik "New Slide" akan keluar beberapa pilihan, pilihlah tipe slide yang akan dipakai. Umumnya jika akan menyematkan video, yang dipilih adalah "Title and Content".

Setelah itu akan muncul beberapa ikon. Pilih ikon yang ada tulisan "Insert Video" pada bagian bawahnya. Namun, perihal memasukkan vide ke power point terdapat perbedaan pada setiap perangkat yang digunakan. Maka, sesuaikan dengan perangkat yang akan digunakan untuk memasukkan videonya.

3. Klik Tab Insert

Pada tampilan normal di laptop, klik slide yang mau ditambahkan video padanya. Cara memasukkan video ke Power Point dilakukan dengan tab insert dari menu bar. Klik panah di bawah video yang ada di komputer. Pada kotak sisipkan video, klik video yang dikehendaki, lalu klik sisipkan.

4. Menautkan pada Video yang Disimpan di Komputer

Guna mengantisipasi tautan yang tidak berfungsi, Microsoft menyarankan supaya pengguna mengkopi video di folder yang sama seperti folder presentasi, kemudian menautkan video itu dari sana. Di tampilan normal, klik slide yang diinginkan ada link videonya.

Di tab "Sisipkan" tekan panah di bawah video, kemudian klik video di my PC. Pada kotak sisipkan video, kliklah file yang mau ditautkan , diikuti dengan klik panah bawah di samping tombol sisipkan kemudian klik tautkan pada file.

5. Klik Tab "Insert Video" Jika Ingin Memasukkan Video dari YouTube

Berikutnya cara memasukkan video ke Power Point, jika video itu ialah video You Tube. Yang harus diperhatikan jika akan memilih ini, komputer ataupun laptop mesti punya sambungan internet hingga dapat langsung terhubung pada You Tube. Pilihlah menu You Tube pada pilihan "insert video". Ketiklah nama You Tube channel yang ingin disematkan di kolom "Search You Tube".

Kemudian klik ikon "mencari." Channel You Tube yang dicari akan muncul. Tinggal pilih video yang akan disematkan lalu klik "sisipkan". Selama presentasi berlangsung harus ada sambungan internet , agar video tidak berhenti berputar selama slide ditampilkan.

6. Menyematkan Embed Kode Video

Berikutnya cara memasukkan video ke Power Point dilakukan dengan menyematkan embed kode dari sebah video. Untuk melakukan cara ini, sambungan internet di laptop atau komputer harus dipastikan ada. Pilihlah menu From a Video Embed Code. Maksudnya, video dari You Tube akan diambil dengan menyalin embed code dari video itu. Cara mendapatkan embed kodenya: buka You Tube, carilah video yang mau disematkan di http://thefreebooksonline.net/billion/b6851.htmlmesin pencari.

Sebelum disematkan, lihat video tersebut untuk memastikan apakah video layak disematkan. Setelah selesai, klik bagikan pada sebelah ujung kanan video yang akan disematkan. Akan keluar tulisan "bagikan link."

Link tersebut memang bisa dibagikan di beberapa media sosial seperti Facebook, Tumblr, Twitter dan sebagainya. Untuk menyematkan pada Power Point maka pilihlah "Sematkan/ embed). Setelah itu akan keluar embed code dari video itu. Salin kode tersebut. Terakhir, paste kode embed di kolom yang tersedia di Power Point setelah mengklik ikon sebelah kanan.

Demikian tadi beberapa cara memasukkan video ke Power Point dari berbagai sumber. Tidak sulit apalagi jika presenter sudah terbiasa melakukannya. Yang agak sulit mungkin ketika baru pertama kali melakukan hal itu. Silahkan mencoba.

Irfan Asnur
Irfan Asnur Content Creator, Graphic Designer, UI / UX Designer (Unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself )

Posting Komentar untuk " Cara Memasukkan Video ke Power Point dengan Mudah"