Cara Kirim File Besar Lewat Email Tanpa Kesulitan

cara kirim file besar lewat email

Seringkali pengguna komputer diharuskan mengirim file berukuran besar, baik foto, video atau format lainnya. Karena ada pembatasan dari layanan email, terkadang file yang berukuran besar gagal terkirim. Untuk itu cara kirim file besar lewat email harus diketahui. Coba simak uraian berikut ini supaya email berukuran besar bisa terkirim:

1. Memakai Firefox Send

Cara kirim file besar lewat email bisa dilakukan melalui laptop. Jika pengguna memakai laptop atau PC bisa mengirim email lewat peramban Mozila. Mozila sudah menghadirkan layanan baru Firefox Send guna mengirim lampiran yang ukurannya besar.

Layanan baru ini juga memberi ruang prioritas pada privasi pengguna sebab telah diciptakan kunci unik bagi pengiriman. Pengguna Firefox yang sudah terdaftar akan bisa mengirim lampiran ukuran hingga 2,5 GB per pengiriman. Bila belum daftar bisa mengirim lampiran 1 GB.

2. Memakai Layanan Cloud

Ada pembatasan besaran file yang bisa dilampirkan di dalam email. Contoh, Gmail membatasi besar lampiran file sampai 25 MB. Pasti ini bisa membuat repot sebagian pengguna yang mesti mengirim sejumlah file berukuran besar hingga ratusan  mega bit. Cara menyiasatinya pakai layanan cloud seperti: Google Drive, Dropbox SkyDrive atau yang lain.

Upload lebih dulu file besar yang hendak dikirim memakai salah satu layanan cloud tadi, lalu pengguna akan mendapat link yang dapat dilampirkan di email. Dengan cara ini, file ukuran sebesar apapun pasti akan bisa dikirim lewat email tetapi pihak penerima nantinya mesti mengunduh file itu lewat link yang dikirimkan tadi.

3. Mengirim Email Foto Dari Google Photos

File berupa foto apalagi yang resolusi tinggi pasti berukuran besar. Tetapi untuk profesi tertentu mengirim foto resolusi tinggi lewat email ialah keniscayaan. Cara kirim file besar lewat email boleh dilakukan dengan Google Photos. Pada dasarnya Google Photos punya fungsi seperti Google Drive hanya dikhususkan untuk menyimpan foto tanpa lewat proses kompres. Dengan demikian ukuran foto tetap normal dan tidak pecah.

Bukalah akun Gmail seperti biasa pada browser laptop atau personal komputer. Lalu ketuk ikon + atau Compose guna membuat email. Input kontak email yang mau dikirimi beserta subjek email. Lalu klik tanda gambar di sebelah bawah body email untuk Google Photos. Bila Google Photos window sudah terbuka, pilih saja foto atau album yang mau dikirimkan. Klik insert untuk menyisipkan lampiran lalu kirimkan.

4. Mengirimkan Folder Sekaligus

Mengirim email berisi folder tapi gagal terlampirkan ke dalam tubuh email sudah jamak terjadi. Cara kirim file besar lewat email yang berupa folder bisa dilakukan dengan cara berikut: buka Gmail dan klik compose, masukkan alamat email yang mau dikirimi email itu dan subjek email. Lalu  klik lambang klip di bagian bawah body email untuk melampirkan folder.

Pilih folder yang mau dikirimkan, ubahlah tipenya menjadi .rar terlebih dulu dengan klikkanan dan pilih add to rar. Klik folder tersebut, diikuti dengan "open" untuk dilampirkan di email. Sesudah body email diisi, email bisa dikirimkan.

5. Mengirim Email File Langsung Lewat Google Drive

Pengguna bisa pula mengirim email langsung dari penyimpanan Cloud dari Google yaitu Google Drive. Ruang simpan maya yang praktis ini selain bisa menyimpan, bisa pula mengirim beragam tipe file mulai dari dokumen, foto, video, audio sampai folder tanpa mesti merubahnya jadi .rar lebih dulu.

Itu tadi lima di antara beberapa cara kirim file besar lewat email yang bisa dilakukan dengan mudah. Cara untuk melampirkan dan mengirimkannya tidaklah rumit dan ribet. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, email berukuran besar akan terkirim sampai penerima.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Posting Komentar untuk "Cara Kirim File Besar Lewat Email Tanpa Kesulitan"