Cara Ganti Background Google Meet di Laptop di Tengah Video Call

Bagi pengguna Google Meet yang sedang melakukan video call namun merasa jika background atau lokasi video call-nya kurang pas untuk diperlihatkan ke peserta lain, tidak perlu khawatir. Karena ada cara ganti background Google Meet di laptop yang bisa dimanfaatkan. Menariknya, cara ini bisa dilakukan di tengah meeting online yang berlangsung. Ingin tahu detail informasinya? Ikuti saja ulasan asyik yang telah dirangkumkan, sebagai berikut:

1. Masuk ke Ruang Meeting yang Sudah Ditentukan

Awalnya, pengguna bisa langsung masuk ke ruang obrolan yang sudah ditentukan. Jika pengguna tidak ingin peserta lain melihat background pengguna sebelum diganti. Pengguna bisa menonaktifkan terlebih dahulu kamera yang ada di ruang obrolan.

Tenang saja, fitur mengganti backgroud ini tetap bisa dijalankan dengan leluasa. Meski pengguna tengah berada dalam mode off kamera sekalipun. Jadi, ini bisa dimanfaatkan pengguna untuk menerapkan background terbaik ketika nantinya benar-benar muncul di room meeting yang diikuti.

2. Buka Menu Setting

Cara ganti background Google Meet di laptop selanjutnya adalah membuka menu settings atau pengaturan. Menu ini biasanya terdapat pada pojok kiri bawah layar video call. Berupa titik tiga kecil di ujung layar yang harus diklik. Setelah itu, pengguna akan menemukan banyak opsi dan fitur pada setting ini. Mulai dari mengubah tampilan video call, mengaktifkan mode layar penuh, mengaktifkan fitur caption, sampai mengaktifkan audio.

3. Pilih Change Background

Salah satu opsi dan fitur yang ada di dalam menu Settings tersebut adalah untuk mengganti background. Biasanya opsi ini ada diurutan ketiga dengan tulisan ‘Change Background’. Klik opsi ini, kemudian akan muncul layar dialog yang akan memberikan pengguna pilihan untuk mengganti background.

Jika pengguna tidak ingin menggunakan background baru, pengguna bisa memilih opsi untuk menyamarkan latar. Jadi latar akan terlihat buram oleh peserta lain, pengguna bisa memblur sedikit latar atau memberikan efek blur sepenuhnya pada latar agar tidak terlihat.

4. Plih Background yang Ingin Digunakan

Jika pengguna memiliki gambar background sendiri, maka pengguna pengguna tersebut juga bisa menguploadnya. Caranya dengan membuka opsi upload. Opsi ini akan membawa pengguna pada File Manager, lalu tinggal buka saja folder di mana file background berada.

Untuk file background ini lebih baik memilih file dengan format JPG atau PNG yang memiliki resolusi cukup tinggi. Hal ini agar background terlihat jelas di latar dan tidak mudah pecah saat diupload. Kelihatannyapun akan lebih bagus dan maksimal dari sudut pandang peserta video call lain.

5. Tekan Tombol Plus untuk Mengaktifkan Background

Setelah file latar dipilih, tekan tombol plus kemudian biarkan proses upload berlangsung. Secara otomatis gambar yang sudah pengguna upload akan menjadi latar dari panggilan video. Setelah latar terpasang, pengguna bisa mengaktifkan kembali fitur kamera.

Jadi peserta lain bisa melihat pengguna dengan tampilan background yang baru. Jika pengguna ingin mengubah lagi gambar background. Bisa mengulangi langkah yang sama dengan mengupload foto baru sebagai pengganti.

Itulah cara ganti background Google Meet di Laptop yang mudah dan praktis dijalankan. Sekarang, pengguna tidak perlu khawatir jika mendadak ingin atau diharuskan mengganti background saat video call di Google Meet. Karena mengganti background di Google Meet ketika video call berlangsung sangatlah memungkinkan. Bahkan bisa dilakukan secara leluasa oleh setiap pengguna sekalipun dalam keadaan mode Off Camera.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Posting Komentar untuk "Cara Ganti Background Google Meet di Laptop di Tengah Video Call"