Template Microsoft Word Untuk Sampul Laporan Keuangan Kekinian

Bersama, Kita Cegah Penyebaran Covid-19 Dengan Memakai Masker Ketika Bepergian Keluar Rumah. Jaga Diri Anda dan Keluarga Anda

Adanya template Microsoft Word seperti ini pastinya akan sangat membantu untuk Anda yang tengah sibuk menyusun laporan keuangan. Anda pastinya sangat sepakat jika tampilan awal laporan keuangan sangat ditentukan oleh desain sampul dari laporan itu sendiri. 

Cukup dengan melihat desain sampulnya saja, para calon pembaca atau penerima laporan keuangan akan memiliki perasaan senang atau kurang senang. Lebih lanjut, dari kesan pertama inilah para penerima laporan keuangan akan memiliki gambaran dari laporan yang sedang dipegangnya. 

Dengan demikian, Anda tentunya sepakat jika sampul sebuah laporan keuangan memiliki posisi yang cukup penting. Wajar saja jika banyak yang merasa kesulitan saat tengah membuatnya. Kira-kira mau dibuat seperti apa desain sampul laporan keuangan tersebut? 

Tips Merancang Desain Sampul Laporan Keuangan 

Untuk Anda yang tengah bingung mengenai desain sampul laporan keuangan yang ingin dibuat, mungkin bisa melihat koleksi template Microsoft Word. Di sana ada banyak sekali template sampul laporan keuangan yang bisa Anda pilih salah satunya. 

Atau untuk Anda yang ingin sesuatu yang lebih menantang, tidak ada salahnya untuk membuatnya sendiri dari awal. Meskipun butuh tenaga, waktu, dan pikiran selama proses pembuatannya. 

Nah, agar sampul laporan keuangan Anda menarik dan tidak terkesan monoton, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda jadikan sebagai patokannya. Beberapa tips tersebut adalah: 

1. Tema

Tema adalah komponen pertama yang harus diperhatikan betul ketika Anda ingin membuat sampul atau cover laporan keuangan. Hal penting yang harus Anda catat adalah rancangan desain sampul laporan keuangan harus selaras dengan isinya. 

Artinya sebelum Anda membuat desain sampul laporan keuangan, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tema laporan terlebih dahulu. Nah, dari tema inilah yang nantinya akan Anda tuangkan dalam rancangan desain. Dengan demikian, hanya melihat sampulnya saja, sekilas pembaca sudah memiliki gambaran mengenai isi laporan. 

2. Tipografi 

Secara sederhana tipografi bisa dipahami sebagai tata letak huruf supaya bisa mengisi bidang kertas dengan indah. Maka dari itu, pilih font yang sesuai. Untuk sampul laporan keuangan ada baiknya untuk memilih font yang memberikan kesan formal dan resmi. Misalnya saja seperti Hebrew Michol atau BF Anorak.

3. Sinkron  

Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan betul ketika membuat sampul laporan keuangan adalah kesesuaian rancangan. Jangan sampai lantaran menonjolkan sisi menariknya saja, sampul laporan keuangan justru tidak mencerminkan karakter perusahaan. warna dan desain yang terlalu mencolok justru akan merusak keeleganan perusahaan. 

4. Warna 

Sampul laporan keuangan yang terlalu banyak menggunakan warna sebaiknya dihindari betul. Meskipun demikian, jangan pernah membuat sampul laporan keuangan dengan menggunakan warna hitam putih saja. 

Jika memang seperti itu, lalu apa yang sebaiknya dilakukan? Untuk tipsnya, ada baiknya untuk memilih warna yang selaras dengan logo perusahaan. Dengan demikian, sampul laporan keuangan akan tampak profesional namun juga tetap artistik. 

5. Tata Letak 

Ingat, keseimbangan adalah prinsip paling dasar yang tidak boleh dilewatkan saat mengatur tata letak desain sampul laporan keuangan. Jangan sampai sampul laporan keuangan justru dipenuhi dengan gambar atau tulisan. 

Tipsnya, aturlah kedua komponen tadi sekreatif mungkin, seimbang, tanpa mengabaikan kesan resmi. Untuk contohnya coba lihat template Microsoft Word. Nanti Anda bisa melihat desain laporan keuangan dengan tata letak gambar dan tulisan yang tidak berlebihan dan tetap menonjolkan kesan resmi atau formal. 

Bagian yang Harus Ditulis Di Sampul Laporan Keuangan

Sebenarnya terkait dengan bagian-bagian yang harus ditulis di sampul laporan keuangan tidaklah banyak. Yang sulit sebenarnya mengombinasikan semua unsur yang harus ada pada sampul laporan keuangan tersebut namun tidak mengurangi kesan formal atau resmi. 

Inilah PR besar untuk mereka yang sering membuat sampul laporan keuangan. Sehingga terkadang menyusun isi laporan keuangan justru lebih mudah ketimbang membuat desain sampul laporan keuangan. Untungnya kini ada template Microsoft Word  yang bisa Anda gunakan pada saat membuat sampul laporan keuangan. 

Berbicara mengenai bagian yang harus ditulis di sampul laporan keuangan mungkin akan cukup sulit untuk dibahas. Sebab tidak semua perusahaan menggunakan patokan yang sama. Meskipun demikian, secara garis besar bisa disimpulkan seperti ini:

1. Logo

Pada umumnya logo ini terletak pada bagian paling atas dari sampul laporan keuangan. Meskipun untuk letaknya sendiri berbeda-beda. Ada yang diletakkan di tengah, namun ada juga yang diletakkan pada bagian kanan atas. 

2. Nama Perusahaan/Instansi/Organisasi/Lembaga

Komponen kedua yang harus ada pada sampul laporan keuangan adalah nama perusahaan/instansi/organisasi/lembaga yang membuat laporan keuangan tersebut. Umumnya ditulis tepat di bawah logo.

3. Tulisan Laporan Keuangan 

Bagian selanjutnya dari sampul laporan keuangan adalah tulisan “Laporan Keuangan”. Bisanya ada tambahan lagi nama perusahaan/instansi/organisasi/lembaga yang membuat laporan keuangan tersebut. Namun banyak juga yang tidak menyertakannya. 

4. Periode Laporan Keuangan

Di bawah kata “Laporan Keuangan”, umumnya tertulis periode dari laporan keuangan tersebut. Misalnya seperti ”Untuk Periode yang Berakhir 31 Desember 2021. 

Namun yang harus Anda ingat lagi adalah keempat komponen tadi bukan harga mati. Hal ini dikarenakan biasanya perusahaan/instansi/organisasi/lembaga memiliki kebijakan masing-masing terkait bagian yang harus ditulis di sampul laporan keuangannya. Untuk lebih jelasnya, coba lihat berbagai template Microsoft Word untuk sampul laporan keuangan ini. 


Template Microsoft Word untuk Sampul Laporan Keuangan Kekinian

Sampul ini telah didesain sesuai dengan versi micrsoft word kalian (Support All Office), Jika teman-teman berminat untuk mencoba ataupun menggunakan template sampul ini silahkan klik tombol download dibawah

Docx Template Microsoft Word untuk Sampul Laporan Keuangan Kekinian Download

Penggunaan Template :

  1. klik Tombol Download Diatas.
  2. Buka File Yang Telah Kalian Download.
  3. Edit dan Ganti Tulisan Sesuai Keinginan Kalian.
  4. Selesai !.

Support Pertanyaan :

Butuh Bantuan ?