Pentingnya Konten Positif di Media Sosial

Di era berbasis digital seperti sekarang ini, pentingnya konten positif utamanya di medsos sangatlah besar. Apalagi hampir semua masyarakat Indonesia adalah pengguna medsos aktif. Artinya setiap hari pasti membuka akun media sosialnya. 

Sayangnya hingga saat ini masih banyak pengguna medsos yang sangat kekanak-kanakan. Banyak pengguna medsos yang menjadikan medsos sebagai sarana untuk menyebarkan berita bohong atau hoax. 

Entah apapun itu alasannya, banyak sekali pihak-pihak yang dirugikan. Bahkan jika hal ini terus saja terjadi, bisa menjadi ancaman terbesar dari keutuhan NKRI. Nah, dari pada medis sosial Anda penuh dengan konten negatif, kenapa tidak mengisinya dengan konten-konten positif saja? 

Konten Positif dan Konten Negatif 

Secara definisi, konten positif merupakan konten yang berisi tentang berita maupun fakta-fakta yang sifatnya informatif, edukatif, serta memperkaya untuk para pembacanya. Nah, sebenarnya dari definisinya saja Anda pasti sudah memiliki gambaran seberapa besar pentingnya konten positif. 

Sementara itu, konten negatif merupakan konten yang dibuat dengan maksud dan tujuan yang tidak baik. Misalnya untuk memecah belah, menyulut emosi, dan lain sebagainya. Umumnya konten tersebut isinya tidak bisa dipertanggung jawabkan. Artinya di dalamnya hanya berisi tentang berita bohong atau hoax. 

Dengan fakta yang semacam itu perlu perhatikan khusus. Utamanya untuk mengedukasi serta memberikan literasi media digital bagai masyarakat. Sampai di sini bisa terlihat betapa pentingnya konten positif. 

Sebenarnya konten negatif jika didiamkan atau tidak direspon maka tidak akan viral. Tangan-tangan jahil kitalah yang sebenarnya membuat konten-konten negatif menjadi cepat sekali viral. Padahal Anda bisa melakukan tindakan yang sudah seharusnya Anda lakukan. Yakni melaporkan atau mereport konten-konten negatif secara massal. 

Partisipasi publik semacam ini sebenarnya sangat dibutuhkan. Utamanya untuk menangkal berbagai konten-konten negatif yang semakin ke sini semakin meresahkan. Ingat, ada tombol report di berbagai akun media sosial Anda. Sayangnya seringkali banyak yang melupakan fungsi tombol tersebut. 

Mengenal Jenis-Jenis Konten Positif

Sudah tahukah Anda apa saja jenis-jenis dari konten positif. Secara garis besar konten positif ini dikategorikan menjadi empat jenis. Mulai dari konten inspiratif, konten edukatif, konten menghibur, dan konten, informatif. 

Bagaimana sudah siapkah Anda untuk membagikan berbagai konten positif pada akun media sosial Anda? Nah, berikut ini adalah beberapa contoh konten positif yang bisa Anda bagikan. 

Konten Inspiratif

Satu hal positif yang bisa Anda lakukan melalui media sosial adalah memberikan inspirasi orang lain. Nah, dalam hal ini ada beberapa ide konten yang bisa Anda pilih. Misalnya saja seperti: 

1. Pengalaman Pribadi maupun Orang Lain 

Banyak pengalaman pribadi maupun orang lain yang bisa Anda jadikan sebagai konten positif. Misalnya saja seperti perjalanan menuju kesuksesan, hikmah dibalik kegagalan, atau kisah hidup lainnya yang mampu menyentuh maupun menggugah hati. 

2. Quote atau Kata-kata Mutiara

Mengingat pentingnya konten positif, sudah sewajarnya Anda harus memperbanyak konten-konten positif di berbagai akun medsos Anda. Misalnya saja dengan menulis quote atau kata-kata mutiara. 

3. Gambar atau Foto yang Menginspirasi

Sebenarnya ada banyak sekali gambar atau foto yang mampu memberikan inspirasi. Salah satu contoh kecilnya adalah gambar secangkir kopi di bagi hari yang diidentikkan dengan suntikan semangat di pagi hari. 

4. Konten Edukatif 

Secara definisi konten edukatif bisa dimaknai sebagai hal-hal yang bisa membuat pembacanya bisa melakukan sesuatu atau memahami sesuatu. Nah, dalam hal ini beberapa ide konten edukatif yang bisa Anda buat seperti: 

5. Tips dan Tutorial 

Ada banyak sekali tutorial yang bisa Anda buat. Namun sebaiknya buatlah tutorial tentang sesuatu yang memang Anda bisa. Misalnya saja seperti tutorial membuat kue, tutorial memasak, dan lain sebagainya. 

Atau Anda pun bisa membagikan berbagai tips di akun media sosial Anda. Semisal tips tentang menanam bunga sistem hydroponic, tips beternak ikan cupang, dan lain sebagainya. 

6. Hasil Riset, Laporan, atau Artikel 

Isilah beranda medsos Anda dengan berbagai konten positif. Misalnya saja dengan mengunggah berbagai hasil riset, laporan, maupun artikel ilmiah. Jangan lupa untuk memberikan kata pengantar yang menarik dan mudah dipahami. 

7. Opini 

Opini ini jika dibuat dengan cara yang benar bisa menjadi konten negatif. Namun jika dibuat secara asal-asalan justru sangat berbahaya. Oleh sebab itu berhati-hatilah saat membuat opini di medsos. 

Konten Menghibur

Konten positif tidak selamanya yang berbau hal-hal serius. Konten hiburan pun masuk dalam kategori konten positif. Contoh dari konten hiburan ini seperti meme, komik, humor, video, gambar lucu, tebak-tebakan, dan lain sebagainya. 

Konten Informatif

Konten yang di dalamnya berisi informasi juga bisa memberikan manfaat bagi yang membacanya. Ada cukup banyak konten informatif yang bisa Anda posting di medsos. Mulai dari events, berita, review (buku, tempat wisata, film, restoran, makanan, dan lain-lain), hingga tautan atau link ke berbagai resource. 

Nah, itulah beberapa jenis konten positif yang bisa Anda buat atau posting di medsos Anda. Ingat, dimanapun Anda berada sebisa mungkin selalu berikan hal-hal yang positif. Meskipun itu di dunia maya sekalipun. Utamanya di media sosial.

Apalagi sampai saat ini media sosial masih menjadi tempat favorit untuk menyebar konten-konten negatif. Oleh sebab itu menjadi sebuah kewajiban bagi Anda untuk terus melawannya dengan konten-konten positif. Terlebih lagi dengan begitu pentingnya konten positif pada medsos.