Pengenalan Dasar Microsoft Excel

Dalam tutorial Microsoft Excel ini, kita akan mempelajari dasar-dasar Microsoft Exel. Mempeljari setiap konsepnya.
Dalam tutorial Microsoft Excel ini, kita akan mempelajari dasar-dasar Microsoft Exel. Catatan Microsoft Excel ini akan membantu Anda mempelajari setiap konsep MS Excel. Mari kita mulai dengan pengantar:

Apa Itu Microsoft Excel ?

Microsoft Excel adalah program spreadsheet yang digunakan untuk merekam dan menganalisis data numerik dan statistik. Microsoft Excel menyediakan banyak fitur untuk melakukan berbagai operasi seperti kalkulasi, tabel pivot, alat grafik, pemrograman makro, dll. Ini kompatibel dengan banyak OS seperti Windows, macOS, Android dan iOS.

Spreadsheet Excel dapat dipahami sebagai kumpulan kolom dan baris yang membentuk tabel. Huruf abjad biasanya ditetapkan ke kolom, dan angka biasanya ditetapkan ke baris. Titik pertemuan kolom dan baris disebut sel. Alamat sel diberikan oleh huruf yang mewakili kolom dan angka yang mewakili baris.

Mengapa Harus Belajar Microsoft Excel ?

Kita semua berurusan dengan angka dengan satu,dua atau yang lainya. Kita semua memiliki pengeluaran harian yang kita bayarkan dari pendapatan bulanan yang kita peroleh. Agar seseorang dapat berbelanja dengan bijak, mereka perlu mengetahui pendapatan vs. pengeluaran mereka. Microsoft Excel sangat berguna bagi kita ketika kita ingin merekam, menganalisis, dan menyimpan data numerik semacam itu. Mari kita ilustrasikan ini menggunakan gambar berikut.

Dimana Kita Bisa Mendapatkan Microsoft Excel ?

Ada beberapa cara untuk mendapatkan Microsoft Excel. Kalian dapat membelinya dari toko perangkat keras komputer yang juga menjual perangkat lunak. Microsoft Excel merupakan bagian dari rangkaian program Microsoft Office. Atau, Kalian dapat mengunduhnya dari situs web Microsoft tetapi Anda harus membeli kunci lisensinya.

Bagaimana Cara Membuka Microsoft Excel ?

Menjalankan Excel tidak beda saat menjalankan program Windows lainnya. Jika kalian ingin menjalankanya ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Klik pada menu start
  2. Arahkan ke semua program
  3. Arahkan ke Microsoft Excel
  4. Klik pada Microsoft Excel

Atau, Anda juga dapat membukanya dari menu mulai jika sudah ditambahkan di sana. Anda juga dapat membukanya dari pintasan desktop jika Anda sudah membuatnya.

Memahami Ribbon/Pita

Ribbon menyediakan pintasan ke perintah di Excel. Perintah adalah tindakan yang dilakukan pengguna. Contoh perintah adalah membuat sebuah dokumen baru, mencetak dokumen, dll.

Komponen Ribbon



Tombol File Ribbon : Digunakan untuk mengakses perintah yaitu membuat dokumen baru, menyimpan pekerjaan yang ada, mencetak, mengakses opsi untuk menyesuaikan Excel, dll.

Tombol Ribbon Tab : Tab digunakan untuk mengelompokkan perintah serupa. Tab beranda digunakan sebagai perintah dasar seperti memformat data supaya lebih rapi, menyortir, dan menemukan data tertentu di dalam spreadsheet.

Tombol Ribbon Bar : Digunakan untuk mengelompokkan perintah serupa. Sebagai contoh, Bilah pita Perataan digunakan untuk mengelompokkan semua perintah yang digunakan untuk meratakan data. 

Memahami lembar kerja (Baris dan Kolom, Lembar, Buku Kerja)

Lembar kerja adalah kumpulan baris dan kolom. Saat baris dan kolom bertemu, mereka membentuk sel. Sel digunakan untuk merekam data. Setiap sel diidentifikasi secara unik menggunakan alamat sel. Kolom biasanya diberi label dengan huruf sedangkan baris biasanya berupa angka.

Buku kerja adalah kumpulan lembar kerja. Secara defaultnya, buku kerjan yang ada di Excel memiliki tiga sel di Excel. Anda dapat menghapus atau menambahkan lebih banyak lembar untuk disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Secara default, sheet diberi nama Sheet1, Sheet2 dan seterusnya dan seterusnya. Anda dapat mengganti nama sheet menjadi nama yang lebih bermakna yaitu Pengeluaran Harian, Anggaran Bulanan, dll.

Kustomisasi Microsoft Excel

Secara pribadi saya suka warna default excel yaitu warna hijau, jadi tema excel saya default saja. Warna favorit Anda bisa jadi biru, dan Anda juga bisa membuat warna tema Anda tampak seperti biru. Jika Anda bukan seorang programmer, Anda mungkin tidak ingin menyertakan tab pita, yaitu pengembang. Semua ini dimungkinkan melalui penyesuaian. Dalam sub-bagian ini, kita akan melihat;

  • Kustomisasi Ribbon
  • Mengatur tema warna
  • Pengaturan rumus
  • Pengaturan pemeriksaan
  • Simpan Pengaturan

Kustomisasi Ribbon

Gambar di atas menunjukkan Ribbon default di Excel 365. Mari mulai dengan kustomisasi Ribbon, misalkan kalian tidak ingin melihat beberapa tab pada menu, atau kalian ingin menambahkan beberapa tab yang hilang seperti tab print. Anda dapat menggunakan jendela opsi untuk menambahkan.

  1. Klik pada tombol file di Ribbon
  2. Pilih opsi dari menu drop-down. Anda seharusnya dapat melihat jendela dialog Opsi Excel
  3. Di sisi kanan Anda, hapus tanda centang dari tab yang tidak ingin Anda lihat di pita. Untuk contoh ini, kami telah menghapus tab Tata Letak Halaman, Tinjauan, dan Tampilan.
  4. Klik pada tombol "OK" setelah Anda selesai.

Tombol Pintasan Excel Yang Penting

Ctrl + P berfungsi untuk membuka jendela dialog cetakatau print
Ctrl + N membuat buku kerja baru
Ctrl + S menyimpan buku kerja saat ini
Ctrl + C menyalin konten yang dipilih saat ini
Ctrl + V menempelkan data dari clipboard
SHIFT + F3 menampilkan jendela dialog penyisipan fungsi
SHIFT + F11 Membuat lembar kerja baru
F2 Periksa rumus dan rentang sel yang tercakup

Praktik Terbaik saat kalian bekerja dengan Microsoft Excel

Simpan buku kerja dengan mempertimbangkan kompatibilitas ke belakang. Jika Anda tidak menggunakan fitur terbaru di versi Excel yang lebih tinggi, Anda harus menyimpan file Anda dalam format 2003 * .xls untuk kompatibilitas mundur

Gunakan nama deskripsi untuk kolom dan lembar kerja di buku kerja

Hindari bekerja dengan rumus kompleks dengan banyak variabel. Cobalah untuk memecahnya menjadi hasil terkelola kecil yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkannya

Gunakan fungsi bawaan kapan pun Anda bisa alih-alih menulis rumus Anda sendiri

Ringkasan

Pengenalan MS Excel: Microsoft Excel adalah program spreadsheet yang kuat yang digunakan untuk merekam, memanipulasi, menyimpan data numerik dan dapat disesuaikan agar sesuai dengan preferensi Anda

Pita digunakan untuk mengakses berbagai perintah di Excel

Jendela dialog opsi memungkinkan Anda untuk menyesuaikan sejumlah item yaitu pita, rumus, pemeriksaan, penyimpanan, dll.